Bimbingan Teknis Tahap I Gerakan Menuju 100 Smart City di Kota Jayapura

Pada hari Kamis, 11 Juli 2019 bertempat di Aula Sian Soor Kantor Walikota Jayapura. Program Studi Sistem Informasi mengikuti Bimbingan Teknis Tahap I yang dibuka oleh Bapak Walikota Jayapura Dr. BENHUR TOMI MANO, MM. Kegiatan ini merupakan program bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Bappenas dan Kantor Staf Kepresidenan yang diberi nama Gerakan menuju 100 Smart City. Gerakan tersebut bertujuan membimbing Kabupaten/Kota dalam menyusun Masterplan Smart City agar bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing-masing daerah.

Di Indonesia, Konsep Kota Cerdas (Smart City) diinisiasi oleh Pakar dari ITB, Suhono S. Supangkat. Kota cerdas adalah kota yang paling cepat dan akurat memberikan solusi kepada warganya. Suhono mengatakan bahwa konsep smart city ini terdiri dari komponen-komponen pendukung yakni : smart economy, smart people, smart governance, smart government, smart mobility, smart environment, dan smart living.

Selain itu, Smart City merupakan pengembangan dan pengelolaan kota dengan memanfaatkan teknologi infomasi (TI) untuk menghubungkan, memonitor dan mengendalikan berbagai sumber daya yang ada di dalam kota dengan lebih efektif dan efisien untuk memaksimalkan pelayanan kepada warganya serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan. Namun sistem TI bukan tujuan utama, banyak kota yang membelanjakan TI tapi tidak mengelolanya dengan maksimal. Oleh karena itu, smart city tidak selalu untuk kota yang harus mempunyai akses internet yang memadai dan berbasis TI.

Pada tahun ini pembangunan smart city difokuskan pada 24 kota di indonesia salah satu nya adalah Kota Jayapura, pemilihan ini berdasarkan tolok ukur yang digunakan yaitu ketersediaan ruang fiskalnya.

 

Program studi sistem Informasi siap mendukung Pemerintah Kota Jayapura untuk mewujudkan Smart city sehingga dengan terwujudnya Smart City dapat membantu solusi kendala perkotaan dan memberikan manfaat bagi pemerintah dan masyarakat Kota Jayapura yakni peningkatan kualitas hidup seperti efisiensi dan efektifitas alokasi sumber daya daerah, mengurangi kesenjangan dalam masyarakat di kota Jayapura, pengurangan kongesti bagi pengguna jalan, transparansi dan partisipasi publik, transportasi publik, transaksi non tunai, manajemen limbah, mengurangi polusi dan emisi gas buang, energi, keamanan, data dan informasi. (https://kominfo.go.id)