Pengaruh Hambatan Samping Terhatap Kinerja Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Raya Abepura

Studi Kasus Depan Gereja Elim Sampai Dengan Bank BNI Abepura

  • Adri Raidyarto Universitas Yapis Papua
Keywords: Hambatan Samping, Volume lalulintas

Abstract

Kemacetan lalu lintas disebabkan oleh ketidakseimbangan antara peningkatan kepemilikan kendaraan dan pertumbuhan prasarana jalan yang tersedia serta kapasitas efektif ruas jalan yang ada lebih kecil dari kapasitas jalan yang direncanakan akibat adanya hambatan di tepi jalan. Hambatan di tepi jalan tersebut sering kali terkait dengan adanya aktivitas sosial dan ekonomi, yaitu adanya parkir di badan jalan (on street parking) yang dikarenakan terdapat pertokoan yang tidak menyediakan tempat parkir, sarana angkutan umum yang menurunkan penumpang disembarang tempat serta lalu lalangnya orang untuk menyeberang yang menyebabkan kapasitas jalan mengalami penurunan. Dengan kondisi yang demikian, dapat dipastikan akan terjadi kepadatan kendaraan yang berlebihan pada ruas jalan disetiap klasifikasinya. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh besar hambatan samping JL.raya Abepura depan Gereja Elim adalah  260,4 kejadian/200m/jam termasuk dalam kategori sedang. sedangkan hasil perehitungan data lapangan diperoleh volume lalu lintas sebesar 2342.22 kendaraan/jam mendekati kapasitas jalan yang sebesar 2886,138 kndr/jam. Penyebab utama kemacetan dari lokasi penelitian adalah banyaknya kendaraan umum yang menaik turungkan penumpang dengan menggunakan badan jalan sehingga mengurangi kapasitas jalan serta banyaknya kendaraan yang sering memotong arus untuk berbelok, dimana lokasi penelitian juga dekat dengan pertigaan lampu merah. Sebagai solusi untuk mencegah terjadinya kemacetan dilokasi penelitian maka dapat dilakukan langka-langkah seperti pemasangan median jalan agar tidak ada lagi kendaraan yang memotong arus, pengaturan arus lalu lintas terutama kendaraan umum pada jam-jam tertentu tidak diperbolehkan melewati jalan tersebut.

Published
2019-02-25
How to Cite
Raidyarto, A. (2019). Pengaruh Hambatan Samping Terhatap Kinerja Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Raya Abepura. Journal of Portal Civil Engineering, 2(1), 29-34. Retrieved from http://www.ftsi.uniyap.ac.id/jurnal/index.php/jpce/article/view/18